Selasa, 20 April 2010

Khasiat Mujarab dari Bumbu Dapur



Ternyata bumbu dapur dan aneka tanaman yang kita makan juga mempunyai fungsi sebagai obat yang dapat menyembuhkan atau mencegah berbagai penyakit kronis dan telah digunakan sejak dulu. Tanaman ini baik digunakan karena lebih mudah di dapat dan lebih murah serta lebih aman sebab lebih alami.

CABAI (Capsicum sp)


Buah yang paling pedas di dunia ini ternyata sanggup berfungsi sebagai antiflatulen yaitu melancarkan pencernaan dan menambah nafsu makan serta mampu menjaga sirkulasi darah.

BAWANG PUTIH (alium sativum)


Inilah rajanya tumbuhan obat. Tanaman ini sangat banyak kegunaaannya. Beberapa Negara di dunia menggunakannya sebagai anti virus, dan anti kuman (desinfektan). Getahnya dapat digunakan untuk mengobati kulit akibat gigitan serangga, minyaknya mengandung sulfur dan yodium yang penting untuk kesehatan kelenjar tiroid (mencegah gondok). Di inggris (abad ke 19)bawang putih digunakan sebagai terapi penyembuhan untuk penyakit kusta, pada 1785 di Amerika bawang putih terbukti berhasil mengalahkan wabah kolera, keampuhan bawang putih juga teruji dalam pengobatan asma, bronchitis, dan radang paru-paru pneumonia. Tahun 1973 Amerika membuktikan bahwa jus bawang putih mampu mengendalikan kadar gula dalam darah bagi pasien diabetes, serta mengurangi kolesterol darah. Berguna untuk pengobatan arteriosclerosis (pengerasan pembuluh darah) dan mampu mencegah serangan jantung koroner dan kanker.


BAWANG MERAH (allium ascalonicum)


Bawang merah berfungsi sebagai penurun panas badan sewaktu demam dan bisa digunakan untuk mengeluarkan gas dalam perut.

BAWANG BOMBAY (allium axcalomicum)
[IMG]http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:Z4eUY3FB2eBaRM:http://4.bp.********.com/_blOXB91-nfQ/SCfsPmAE1RI/AAAAAAAAAyY/TioNWmdmnCU/s400/bawang%2BBombay.JPG[/IMG]

Bawang yang ukurannya super gede ini mampu melindungi tubuh dari serangan jantung dan melindungi pembulu darah dari timbunan lemak jika dikonsumsi setiap hari.


LENGKUAS (alipinia galangal)
[IMG]http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:MFcEOfPbSwaNsM:http://ceputelecenter.files.*********.com/2009/10/lengkuas.jpg[/IMG]

Lengkuas masih sepupu dengan jahe, biasanya digunakan untuk bumbu tumis atau gulai karena aromanya harum. Lengkuas mampu mengeluarkan gas dalam tubuh, menghangatkan tenggorokan dan mencairkan dahak, serta melemaskan otot yang tegang.

SERAI (cymbopogon cirates)


Rempah yang eksotis ini memiliki pengaruh arodisiac. Bila kuntumnya dikunyah akan terasa pedas namum mampu memberikan kesegaran nafas, minyak cengkeh bisa mengurangi rasa sakit pada gigi bila diteteskan pada gigi yang berlubang. Rasa hangat yang dihasilkan cengkeh dapat meringkankan penderita pilek dan demam, minyaknya juga sering digunakan untuk pengobatan batuk rejan.

DAUN KEMANGI (ocimum basilicum)
[IMG]http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:sJXMe2UgQUxZgM:http://4.bp.********.com/_blOXB91-nfQ/R8ttkfidJvI/AAAAAAAAAlM/VN54Sibdq6M/s1600/daun%252Bkemangi.JPG[/IMG]

Daun yang kerap dimakan sebagai lalap ini ternyata dapat mengurangi bau badan serta mengurangi gas dalam lambung, menyantapnya dalam keadaan mentah berguna untuk kesehatan jantung.

ASAM JAWA (tamarindus indica)


Sari asam jawa diyakini mampu bagus untuk mencegah konstipasi (susah buang air besar)

KUNYIT (curcuma domestica)
[IMG]http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:Yw6Zhqpu8RWg8M:http://nilna.files.*********.com/2008/08/kunyit.jpg[/IMG]

Air kunyit dapat digunakan untuk mengobati tukak lambung dan bisul pada dinding lambung.

KETUMBAR (coriandrum sativum)
Mengkonsumsi ketumbar serta akarnya dapat membantu memperlancar pencernaan, dan mengurangi bau badan. Ketumbar juga digunakan untuk mengobati batuk dan memudahkan urusan buang angin.

LADA (piper nigrum)
Rempah yang pedas dan hangat ini digunakan setelah kering. Lada hitam dan putih sama saja. Hanya saja kalau lada hitam harus dikupas kulitnya terlebih dahulu. Lada bisa dipakai untuk mengobati kembung, serta mengurangi dahak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar